Kinerja Oke, Lombok Barat Raih Dana Insentif Daerah

2017-01-31
Placeholder image
Penghargaan Dana Rakca merupakan penghargaan kepada daerah dengan kinerja baik sehingga layak mendapatkan Dana Insentif Daerah.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat membuktikan kerja kerasnya selama 2016. Terbukti, Kabupaten Lombok Barat berhasil memperoleh penghargaan Dana Rakca 2016. Penghargaan ini khusus diberikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara melalui Kementerian Keuangan. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama 29 bupati/wali kota dan 6 gubernur se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan Dana Rakca merupakan penghargaan kepada daerah dengan kinerja baik sehingga layak mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebagai reward untuk 2017. Adapun penghargaan ini diberikan berdasarkan dua poin penilaian. Pertama, kemampuan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua kali berturut-turut pada 2015 dan 2016. Opini WTP ini diberikan Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ).

Kemudian, poin kedua adalah kemampuan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menuntaskan Peraturan Daerah APBD secara cepat. Selain itu, prestasi Lombok Barat memperoleh DID didasarkan pada penilaian Kementerian Keuangan pada kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan, pelayanan dasar publik dan ekonomi, serta kesejahteraan yang semakin meningkat di Lombok Barat.

DID akan memberikan arti yang signifikan dalam struktur APBD 2017. Sebab, Lombok Barat akan memperoleh insentif sebesar Rp 53 miliar lebih dari DID. Bupati Lombok Barat melalui Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Lale Prayatni mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja semua komponen di Lombok Barat, baik semua SKPD, legislatif, maupun masyarakat Kabupaten Lombok Barat. Semuanya berkontribusi dalam unsur penilaian kriteria utama dan kriteria kinerja. Penghargaan ini pun dijadikan sebagai pelecut semangat kerja semua pihak agar dapat mempertahankannya pada 2017. (*)